Rabu, 08 Juni 2016

Ketahuilah Hipertensi

     Hipertensi atau disebut juga dengan darah tinggi adalah kondisi medis yang kronis dengan tekanan yang arteri meningkat, yakni pembuluh darah berotot yang membawa darah dari jantung. Fungsi ini bertolak belakang dengan fungsi pembuluh balik yang membawa darah menuju jantung.
    
Hipertensi ada 2 macam Hipertensi Primer(essensial) dan Hipertensi sekunder sekitar 90 - 95%  kasus hipertensi Primer (essensial), Hipertensi ini tekanan darah yang tanpa penyebab medis yang jelas. Sedangkan Hipertensi Sekunder dipengaruhi oleh  ginjal, arteri, jantung, atau sistem endokrin yang menyebabkan 5 - 10%  kasus lainnya.
    Faktor beresiko hipertensi ialah "Stroke, serangan jantung, gagal jantung, , anuerisma arteri (misalnya anueris aonta), penyakit arteri perifer, dan penyebab penyebabnya ginjal kronik. Perubahan pola makan hidup yang sehat dapat membantu untuk mencegah hipertensi ini. Orang yang sudah pernah mengalami hipertensi atau darah tinggi sebaiknya untuk lebih berhati - hati lagi dalam pola hidup dan pola makan agar tidak mengalami hipertensi lagi dan juga jangan memaksakan diri dalam hal - hal yang diinginkannya.



Penyebab Hipertensi

Hipertensi Primer
   
        Hipertensi Primer adalah hipertensi jenis hipertensi sering terjadi ataupun umum dalam kehidupan kita sehari - hari. Tekanan darah meningkat seiring penuaan dini dan bertambahnya usia dan cukup beresiko bagi kehidupan kita dikemudian hari, Beberapa faktor lingkungan mempengaruhi tekanan darah. Faktor gaya hidup yang menurunkan tekanan darah di antaranya mengurangi asupan garam dalam makanan ada pula Studi terbaru juga memasukkan kejadian-kejadian pada awal kehidupan (contohnya, berat lahir rendah, ibu merokok, dan kurangnya air susu ibu) sebagai faktor risiko bagi hipertensi esensial dewasa.




Hypertensi Sekunder

   Hypertensi Sekunder diakibat oleh suatu penyebab yang diketahui. Seperti penyakit ginjal yang berasal dari hipertensi pada umumnya. Penyebab lain dari hipertensi sekunder di antaranya obesitas, henti nafas saat tidurkehamilankoarktasio aorta, konsumsi akar manis (licorice) yang berlebihan, serta obat resep, obat herbal, dan obat-obat terlarang.

   bahayanya hipertensi bagi kehidupan kita sehari - hari sangat beresiko bagi kita, maka itu ubah lah pola hidup kalian dan jaga kesehatan kalian masing - masing agar terhindar dari penyakit hipertensi atau darah tinggi. Sekian terima kasih.

Baca juga artikel lainnya : Cara agar kita terhindar dari HIPERTENSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar